Daptar
Isi
Bab1. belajar dari pengalaman
Bab 2. motivasi
membaca
Bab 3. definisi
membaca
Bab 4. sasaran
utama membaca
Bab 5. makna
memahami bacaan
Bab 6. pentingnya
manajemen membaca
Bab 7. syarat-syarat
sukses membaca
Bab 8. latihan
membaca efektif
Bab 9. bekerja
lebih baik dengan mind map
Latar Belakang Penulisan Buku
Awalnya gagasan tentang
buku ini muncul ketika saya kesulitan dalam memahami buku-buku teks sewaktu
masih di kampuskira-kita tahun 1999. Lalu, saya mencari solusinya dari berbagai buku yang
hadir saat itusalah satunya adalah buku Quantum learning. Buku tersebut saya
baca sampai tuntas dan saya coba praktekkan isinya. Namun, hasilnya masih jauh
dari harapan.
Walaupun saya belum
mencapai apa yang saya harapkan, saya terus berusaha mencari solusinya.
Akhirnya, setelah beberapa tahun, ide-ide baru bermunculan. Kemudian, saya
mencoba mempraktekkan ide tersebut. Setelah saya uji, hasilnya cukup memuaskan
bagi saya. Akhirnya saya bisa memahami
sebuah paragraf dengan metode membaca yang saya tulis tersebut. Wow,
saya merasa ini adalah pengalaman baru yang menggembirakan.
Teman-teman, buku metode
membaca ini saya lengkapi dengan sedikit konsep manajemen agar para pembaca bisa
menetapkan dan mencapai sasaran membaca secara efektif dan efisien. Buku ini
saya buat untuk para pelajar SD, SMP, SMU. Buku ini saya tuliskan untuk orang
dewasa yang menyukai hal-hal berbeda dari yang sudah biasa digunakan.
Dibuku ini, pembaca akan
melihat beberapa istilah penting yang diperlukan untuk bisa membaca secara
efektif. Anda akan melihat penjelasan penting tentang hakikat bacaan. Apakah pengertian
hakikat bacaan itu? Anda juga akan menemui arti dari memahami bacaan. Dan juga
istilah-istilah penting lainnya.
Dibuku ini juga , pembaca
akan menjumpai banyak gambar peta pikiran agar pembaca mudah mengingat kembali
apa yang telah dibaca dan dipelajari. Peta pikiran ini saya buat dengan
menggunakan software gratis dari www.edrawsoft.com. Freeware mind map ini
sangat membantu saya dalam memperbaiki dan menyusun ulang buku yang telah saya
susun ini.
Saya ingatkan kembali,
bahwa buku ini dibuat untuk meningkatkan kemampuan membaca agar kita mampu
memahami apa yang kita baca. Metode mengeja kata demi kata untuk sementara
boleh ditingggalkan dulu. Adapun anak yang sudah pandai mengeja kata-kata, maka
ia bisa mempelajari metode yang saya buat ini.
Akhirnya, semoga karya
tulis sederhana yang masih penuh
kekurangan ini memberikan banyak manfaat bagi orang banyak─baik anak-anak
maupun orang dewasa. Masukan konstruktif dari pembaca saya tunggu untuk
penyempurnaan karya sederhana ini. Semoga sukses.
Bandung, 1 Desember 2011
bersambung
Tidak ada komentar:
Posting Komentar