Kali ini kita nggak akan membahas
dampak negatif game. Namun yang akan diambil hanyalah sisi positipnya.
Mengapa harus mengambil pelajaran
dari game? Karena game itu menarik perhatian, terutama bagi
anak-anak dan remaja. Bukan hanya
itu, sebagian orang dewasa juga suka bermain game. Game itu bagi anak-anak
sekolah lebih menarik dari pelajaran
sekolah. Sekali tertarik, anak-anak akan terus penasaran dan ingin mencoba main, bahkan banyak yang sampai ketagihan. Adapun
tentang akibat negatifnya, silahkan cari sendiri informasinya.
GAME FOR NOVEL
Banyak hal
menarik dari berbagai game (dengan berbagai
genre: Racing, horor, adventure, dan sebagainya) bisa kita masukkan ke dalam
calon novel yang akan ditulis. Mudah-mudahan bisa best seller.
Apa saja yang menarik dari game?
1.
Tantangan. Berbagai tantangan seperti quest,
misi dan semacamnya bisa menarik minat player dan merasa tertantang untuk
menyelesaikannya. Tantangan ini ada yang ber-deadline, dan ada yang tidak. Ada
rasa senang dari pihak player saat ia berhasil menyelesaikan sebuah tantangan.
2. Persaingan dan keinginan
untuk selalu menang. Setiap game—offline, online,
multiplayer online—pasti menyediakan rintangan. Untuk menang, seorang player
harus melatih dan mengasah keterampilan bermainnya agar bisa jadi THE WINNER
dalam setiap tantangan yang muncul. Rata-rata para player rajin mengasah
keterampilan bermainnya.
Apalagi dalam game multiplayer
online. Prestise begitu terasa berpengaruh. Skill yang tinggi begitu diagungkan
oleh para player. Bagai raja di sebuah negeri.
Dalam game, banyak hal yang
menegangkan. Takut kalah, takut tak mampu, dan rasa takut lainnya sering
menguasai para gamer. Itulah konflik dan suspend dalam game yang bisa dimasukkan ke dalam novel.
3. More Quest/Mision
Dalam game biasanya terdapat banyak
misi yang harus diselesaikan. Dalam sebagian misi biasanya diberi waktu
terbatas. Jika sukses, player akan diberi reward sebagai hadiah.
Fungsi berbagai misi ini adalah untuk
meningkatkan skill dan pengetahuan para player. Kapan, dimana dan bagaimana
cara menggunakan skill bermain game.
Seorang novelis harus bisa
menciptakan banyak rintangan dan skenario menegangkan seperti dalam game.
Misalnya adegan yang menegangkan saat balapan di game Hot Pursuit 2010,
Skenario dalam Resident Evil, Granturismo,
Sniper Ghost Warrior, Counter strikes, Farm Frenzy 2, Saint Seiya Hades,
Crash Bandicot Collection, Harvestmoon Back To Nature, Hero Leaf Valley.
Dalam game, realitas itu selalu
dipenuhi tantangan yang harus diselesaikan dan persaingan yang harus dihadapi
dan dimenangkan.
Beberapa adegan menegangkan saat main
game:
1. Racing game. Ketegangan muncul saat
akan tersusul lawan/ terlewati lawan, dimana jarak ke tempat finish tinggal
beberapa ratus meter lagi dan lawan punya skill tinggi dan peralatan mantap.
2. Adventure game. Saat ada musuh dan
peluru habis, player langsung panik. Musuh kuat, sulit dikalahkan oleh senjata
player juga sering membuatnya panik.
Baiklah, kini saatnya bagi kita untuk membuat sebuah cerita yang menarik, penuh tantangan, ketegangan, konflik, dan persaingan yang membuat jantung pembaca berdegup.