Sabtu, 07 April 2012

Membaca Dengan Otak Kanan (pengantar)


Daptar Isi
Bab1.  belajar dari pengalaman
Bab 2. motivasi membaca
Bab 3. definisi membaca
Bab 4. sasaran utama membaca
Bab 5. makna memahami bacaan
Bab 6. pentingnya manajemen membaca
Bab 7. syarat-syarat sukses membaca
Bab 8. latihan membaca efektif
Bab 9. bekerja lebih baik dengan mind map

Latar Belakang Penulisan Buku

Awalnya gagasan tentang buku ini muncul ketika saya kesulitan dalam memahami buku-buku teks sewaktu masih di kampuskira-kita tahun 1999. Lalu,  saya mencari solusinya dari berbagai buku yang hadir saat itusalah satunya adalah buku Quantum learning. Buku tersebut saya baca sampai tuntas dan saya coba praktekkan isinya. Namun, hasilnya masih jauh dari harapan.

Walaupun saya belum mencapai apa yang saya harapkan, saya terus berusaha mencari solusinya. Akhirnya, setelah beberapa tahun, ide-ide baru bermunculan. Kemudian, saya mencoba mempraktekkan ide tersebut. Setelah saya uji, hasilnya cukup memuaskan bagi saya. Akhirnya saya bisa memahami  sebuah paragraf dengan metode membaca yang saya tulis tersebut. Wow, saya merasa ini adalah pengalaman baru yang menggembirakan.

Teman-teman, buku metode membaca ini saya lengkapi dengan sedikit konsep manajemen agar para pembaca bisa menetapkan dan mencapai sasaran membaca secara efektif dan efisien. Buku ini saya buat untuk para pelajar SD, SMP, SMU. Buku ini saya tuliskan untuk orang dewasa yang menyukai hal-hal berbeda dari yang sudah biasa digunakan.

Dibuku ini, pembaca akan melihat beberapa istilah penting yang diperlukan untuk bisa membaca secara efektif. Anda akan melihat penjelasan penting tentang hakikat bacaan. Apakah pengertian hakikat bacaan itu? Anda juga akan menemui arti dari memahami bacaan. Dan juga istilah-istilah penting lainnya.

Dibuku ini juga , pembaca akan menjumpai banyak gambar peta pikiran agar pembaca mudah mengingat kembali apa yang telah dibaca dan dipelajari. Peta pikiran ini saya buat dengan menggunakan software gratis dari  www.edrawsoft.com. Freeware mind map ini sangat membantu saya dalam memperbaiki dan menyusun ulang buku yang telah saya susun ini.
Saya ingatkan kembali, bahwa buku ini dibuat untuk meningkatkan kemampuan membaca agar kita mampu memahami apa yang kita baca. Metode mengeja kata demi kata untuk sementara boleh ditingggalkan dulu. Adapun anak yang sudah pandai mengeja kata-kata, maka ia bisa mempelajari metode yang saya buat ini.

Akhirnya, semoga karya tulis sederhana  yang masih penuh kekurangan ini memberikan banyak manfaat bagi orang banyak─baik anak-anak maupun orang dewasa. Masukan konstruktif dari pembaca saya tunggu untuk penyempurnaan karya sederhana ini. Semoga sukses.

Bandung, 1 Desember 2011  

bersambung 






Tidak ada komentar: