Sabtu, 07 April 2012

Membaca Dengan Otak Kanan (Bag. 4)


Bab 4
Sasaran Utama Membaca




Dalam bab ini pembaca diajak untuk memahami:
  • Apa sebenarnya sasaran utama membaca itu?
  • Untuk apa kita membaca?


Mungkin banyak diantara kita kehilangan pemahaman ketika kita telah membaca. Kita menjadi kebingungan setelah membaca. Kita tak mengerti, sebenarnya apa yang telah kita baca itu? Saya juga sering mengalaminya. Ketika saya telah menghapal teori-teori yang ada di dalam sebuah buku, saya malah menjadi kebingungan tentang maksudnya. Waktu kuliah dulu saya telah merasakan bahwa memahami itu lebih sulit dari menghapal. Banyak pelajar ataupun mahasiswa yang mampu menghapal. Namun, tak banyak diantara mereka yang benar-benar memahami apa yang mereka pelajari/hapal.
Tidak efektifnya kegiatan membaca kita bisa disebabkan oleh banyak faktor. Penyebab utama itu diantaranya adalah  karena tidak  ada tujuan yang tepat yang harus dicapai. Sasaran utama membaca bagi seorang yang telah pandai mengeja kata-kata adalah memahaminya, bukan mengeja kata-kata. Namun, karena ketidaktahuan, kita malah mengeja kata demi kata. Di sinilah perlunya memiliki ilmu tentang manajemen membaca. Karena alasan itulah saya memberanikan diri untuk membuat buku sederhana ini ─ sebagai pilihan yang berbeda untuk Anda.
Tujuan yang tepat  memiliki peranan yang sangat besar dalam kehidupan ini. Begitu juga dalam kegiatan membaca. Jika tujuan kita tidak tepat, maka banyak kerugian yang akan kita dapatkan. Misalnya, jika tujuan kita membaca  kita adalah hanya mengeja kata-katanya saja, kemungkinan besar kita akan sulit memahami apa yang kita baca. Kenapa? Karena  tujuan kita hanya mengeja saja bukan memahaminya.
Penyebab lainnya adalah salah memilih tindakan. Mungkin saja  tujuan membaca kita adalah ingin memahami apa yang kita baca. Namun, dalam kenyataannya yang kita lakukan adalah mengeja kata-kata saja. Hasilnya, kita belum juga mampu memahami apa yang kita baca secara efektif. Nah, kalau ini namanya adalah salah langkah. Walaupun tujuan sudah tepat, jika langkahnya tidak tepat maka kita tak akan sampai ke tempat yang kita tuju. Jadi, disinilah perlunya ilmu membaca yang tepat.


Berdasarkan jangka waktu pencapaiannya tujuan membaca itu bisa bermacam-macam. Misalnya, kalian membeli buku tentang “cara mudah merakit komputer.” Misalnya, tujuan jangka panjangnya adalah agar kalian mendapat penghasilan setelah punya keahlian merakit komputer.  Tujuan jangka menengahnya agar kalian menjadi seorang yang pandai merakit komputer sendiri. Nah, tujuan paling dekatnya adalah memahami buku tersebut. Bagaimana mungkin kita bisa praktek jika kita belum memahami buku tersebut. Nah, begitu sahabat-sahabat sekalian. Jadi singkatnya membaca buku itu bisa memiliki banyak tujuan, tergantung orang yang membacanya. Akan tetapi sebelum kita mencapai tujuan jangka menengah dan tujuan jangka panjang, tujuan utama dan terdekat dari membaca yang wajib dicapai adalah MEMAHAMINYA! Betul betul betul?
Dalam kenyataannya, pemahaman kita terasa lebih mantap ketika kita telah mempraktekan apa yang telah kita baca. Dan itulah yang saya rasakan ketika saya belajar instalasi sistem operasi ke komputer. Ya, dalam kenyataannya, dengan praktek,  pemahaman kita bisa menjadi lebih sempurna.   
    Bersambung





Tidak ada komentar: